Analisis Hasil Pengujian Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Menggunakan Standar Euro 2 dan Euro 4: Studi Kasus ada Pengujian Tipe/Type Approval di Indonesia

Authors

  • Mohammad Syafrizal Jurusan Teknik Lingkungan, Itera, Jl. Terusan Ryacudu, Desa Way Hui, Kec. Jatiagung, Lampung Selatan 35365 dan Dinas Perhubungan Provinsi Lampung, Jl. Cut Mutia No. 76, Bandar Lampung 35 215
  • Dikpride Despa Jurusan Teknik Elektro, Universitas Lampung, Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro, Bandar Lampung 35145
  • Ratna Widyawati Jurusan Teknik Sipil, Universitas Lampung, Jl. Prof. Soemantri Brojonegoro, Bandar Lampung 35145
  • Awaludin Yoga Staf pada Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor Jl. Raya Setu Cibuntu, Cibitung, Bekasi 17520

DOI:

https://doi.org/10.23960/snip.v3i1.378

Abstract

Pengujian emisi gas buang kendaraan bermotor di dunia saat ini mengacu pada beberapa standar dunia. Indonesia dan negara-negara di ASEAN sudah bersepakat untuk menggunakan standar regulasi pengujian emisi gas buang yang mengacu pada UN Regulation. Pemberlakuan standar emisi gas buang Euro 4 telah disiapkan. Sampai dengan tahun 2022 Indonesia masih menerapkan standar Euro 2 (untuk mesin diesel), namun regulasi untuk standar Euro 4 yang lebih ketat sudah disiapkan dalam Peraturan Menteri LHK No. P.20 tahun 2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N dan O. Beberapa permintaan dari kalangan industrikendaraan bermotor untuk pengujian emisi gas buang kendaran bermotor standar Euro 4 sudah mulai dilakukan. Pada artikel ini akan membandingkan pengujian emisi standar Euro 2 dan Euro 4 beserta analisisnya. Metodologi menggunakan eksperimental dengan pengujian kendaraan di atas chassis dynamometer dengan siklus eropa (ECE R 83). Hasilnya adalah secara umum data pengujian emisi gas buang kendaraan bermotor standar Euro 4 relatif lebih rendah dari Euro 2, kecuali di beberapa hasil uji. Antara lain data HC+NOx data keempat, standar Euro 4 adalah 0,253 gr/km dan Euro 2 adalah 0,129 gr/km. Kemudian pada data PM data keempat, standar Euro 4 adalah 0,027 gr/km dan
Euro 2 adalah 0,001 gr/km.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-05-15

How to Cite

Syafrizal, M., Despa, D., Widyawati, R., & Yoga, A. (2023). Analisis Hasil Pengujian Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Menggunakan Standar Euro 2 dan Euro 4: Studi Kasus ada Pengujian Tipe/Type Approval di Indonesia. Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP), 3(1). https://doi.org/10.23960/snip.v3i1.378

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 > >>