PENGAWASAN TEKNIS REHABILITASI JALAN TERAWAS – TABA TINGGI - MAUR PROVINSI SUMATERA SELATAN
Abstract
Pengawasan ialah sebuah proses untuk memastikan bahwa semua aktifitas yang
terlaksana telah sesuai dengan apa yang telah direncanakan sebelumnya. Panjang Jalan
Fungsional ruas jalan Terawas – Taba Tinggi – Maur adalah 59,860 Km. Pada Titik Awal
STA 00+000 di Terawas Sampai dengan Titik Akhir STA 59 + 860 di desa Maur, Lapisan
Flexsible (Aspal) Pada umumnya dalam kondisi baik, Ada beberapa titik yang Lapisan Aus
nya mengalami retak karena penurunan bahu jalan dan penurunan Pondasi dasar. Di
sepanjang jalan fungsional badan jalan kondisi perkerasan jalan relatif masih bagus, kondisi
lalu lintas cukup ramai lancar tidak ada kendala yang berarti, hanya ada beberapa titik yang
mengalami penurunan dan berlobang. Untuk rencana. Penanganan Jalan efektif sepanjang
2,8 km yang terletak di ujung Pada STA 56 + 150 s/d 59 + 213 adalah dengan perkerasan
lapis Agregar dengan tebal 15,00Cm, Laston Lapis Antara (AC-BC) dengan tebal 6,00 Cm,
Serta Laston Lapis Pondasi (AC-Base) dengan Tebal 7,50 Cm. Adapun kesimpulan yang
dapat ditarik setelah melakukan kegiatan pengawasan adalah sebagai berikut: (1) Bulan
kesatu sampai dengan bulan kelima pelaksanaan pekerjaan tidak ditemukan adanya
permasalahan yang berarti; (2) Daftar Peralatan yang disediakan oleh Pihak Kontraktor
telah Sesuai dengan Kontrak Kerja dan persyaratan yang diperlukan dalam pekerjaan
rehabilitasi jalan untuk Jalan Terawas - Teba Tinggi – Maur; (3) Daftar perlengkapan K3
yang harus disiapkan oleh pihak kontraktor juga telah memenuhi persyaratan kerja.(4)
Terdapat dua jenis yang berbeda dari Lapis Fondasi Agregat yaitu Kelas A. Pada umumnya
Lapis Fondasi Agregat Kelas A adalah mutu Lapis Fondasi Atas untuk lapisan di bawah
lapisan beraspal, Setiap lapisan pondasi telah dihampar merata dengan tebal padat yang
diperlukan dalam toleransi yang disyaratkan. (5) Semua campuran yang berkenaan dengan
kadar aspal, rongga udara, stabilitas, kelenturan dan keawetan sesuai dengan lalu-lintas
rencana telah memenuhi Spesifikasi Umum Untuk Pekerjaan Konstruksi Jalan dan
Jembatan. Tahun 2018. (6) Komposisi untuk masing masing item pekerjaan Design Mix
Formula, telah sudah sesuai dengan standar spesifikasi teknis yang telah di tentukan.