SISTEM PERAWATAN MESIN GENSET DI POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN

Authors

  • Isman Djulfi

Abstract

Berkembangnya teknologi peralatan yang menggunakan listrik, sangat dituntut adanya pengelolaan
dan pengawasan yang baik terhadap sarana dan prasarana elektrikal, termasuk di lingkungan
pendidikan seperti Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan, sehingga listrik yang digunakan aman
dan efisien. Untuk mengetahui tingkat ketersediaan operasional genset diperlukan data
penggunaan/operasional, kerusakan dan pemeliharaan genset. Kemudian dari data tersebut akan
diketahui jumlah specified operating time dan actual operating time genset. Beserta data jumlah
kerusakan dan waktu pemeliharaan, maka data ini selanjutnya digunakan untuk menghitung Mean
Time Between Failures (MTBF) dan tingkat reliability (keandalan) genset. Dengan data yang sama
juga dapat diperoleh tingkat availability (ketersediaan) genset. Dimana hasil analisis menunjukkan
bahwa genset di Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan memiliki kondisi yang jarang mengalami
kerusakan/gangguan (ditandai dengan tingkat reliability dan availability ≥ 95%). Sedangkan hasil
analisis untuk maintenance (pemeliharaan) yang diketahui melalui nilai Mean Time To Repair
(MTTR), dihitung menggunakan rasio durasi waktu kerusakan dibandingkan dengan frekuensi
kerusakan, dimana hasil perhitungannya yaitu 1,60 jam. Artinya dibutuhkan waktu yang relatif singkat
yaitu 1,60 jam untuk genset dapat beroperasi kembali setelah mengalami kegagalan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-12-30

How to Cite

Djulfi, I. . (2024). SISTEM PERAWATAN MESIN GENSET DI POLITEKNIK KESELAMATAN TRANSPORTASI JALAN. Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP), 4(2). Retrieved from http://snip.eng.unila.ac.id/ojs/index.php/snip/article/view/610