Karakteristik Lokasi Putar Balik Km. 8,7 Terhadap Jalan Zainal Abidin Pagar Alam Kota Bandar Lampung
DOI:
https://doi.org/10.23960/snip.v1i1.114Keywords:
Putar Balik (U-Turn), Gap Acceptance, Follow Up TimeAbstract
Jalan Z.A. Pagar Alam dengan tingkat kemacetan yang sangat tinggi terutama pada saat jam sibuk. Kemacetan juga terjadi akibat adanya beberapa lembaga pendidikan di dekat lokasi penelitian yaitu : Sekolah Darma Bangsa, IBI Darmajaya, Universitas Muhammadiyah, UBL, dan lembaga-lembaga lainya seperti SPBU, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan dan berbagai warung makan yang berdiri di ruas jalan. Tujuan dari penelitian pada jalan Z.A. Pagar Alam adalah peneliti dapat Mengetahui volume dan kecepatan kendaraan yang melintas di jalan ZA. Pagar Alam, Menghitung nilai waktu Gap Acceptance yang terjadi pada U-Turn, Mencari nilai waktu Follow Up Time yang terjadi pada U-Turn dan Menghitung besarnya antrian yang terjadi. Berdasarkan analisis dan perhitungan yang telah dilakukan pada Bukaan Median (U-Turn) di KM. 8,7 dapat disimpulkan bahwa pengaruh U-Turn pada hari Senin pagi dari Tanjung Karang menuju Rajabasa dan sebaliknya merupakan pengaruh terbesar terhadap kinerja lalu-lintas, yaitu gap yang terjadi sebanyak 439 kendaraan dan antrian akibat gap sebanyak 899 kendaraan, follow up time yang terjadi sebanyak 309 kendaraan dan antrian akibat follow up time sebanyak 1449 kendaraan.