Analisis Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan Raden Intan

Authors

  • Budhi Dharma Sekretariat Daerah Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Komplek Perkantoran Pemerintah Daerah Kabupaten Tulang Bawang Barat
  • Ratna Widyawati Program Studi Program Profesi Insinyur, Universitas Lampung
  • Trisya Septiana Program Studi Program Profesi Insinyur, Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/snip.v2i2.207

Abstract

Lampung merupakan pintu gerbang transportasi darat dan laut dari pulau Sumatera menuju ke pulau Jawa yang memiliki ibukota provinsi yaitu Bandarlampung. Kemacetan yang sering terjadi di Bandarlampung, salah satunya di ruas Jalan Radin Inten. Kemacetan banyak terjadi diakibatkan adanya pergerakan, kepadatan penduduk, kegiatan, dan laju pembangunan pada suatu kawasan.  Beberapa aktivitas yang ada akan menyebabkan adanya hambatan samping berupa pejalan kaki, penyeberang jalan, kendaraan lambat, parkir kendaraan di badan jalan, serta pedagang kaki lima.  Tujuan penelitian Untuk menghitung kinerja ruas jalan Radin Inten yang ditinjau dari pengaruh hambatan samping dan Untuk membandingkan kinerja ruas jalan Radin Inten saat adanya hambatan samping dan tanpa hambatan samping.  Lokasi penelitian yaitu pada ruas jalan Radin Inten Bandarlampung sepanjang ± 100 m di depan area pertokoan Ramayana. Data untuk menganalisa kinerja jalan didapat dengan metode observasi langsung. Berdasarkan hasil pengolahan data dan analisa Volume kendaraan tertinggi pada hari Senin sebesar 4599,5 smp/jam, pada hari Selasa sebesar 3573,25 smp/jam dan tertinggi terjadi pada hari Jumat yaitu sebesar 4692,75 smp/jam, dengan kecepatan arus bebas 38,64 km/jam maka didapatkan tingkat pelayanan D. Hal ini menunjukkan bahwa arus kendaraan mendekati keadaan tidak stabil. Penyebab kemacetan yang terjadi adalah penyeberang jalan dan juga kendaraan keluar masuk jalan yang menyeberang jalan secara sembarang. Hambatan samping tertinggi adalah sebesar 713,10 SF/jam dengan kategori kelas hambatan samping tinggi (H).  Kecepatan rata - rata kendaraan adalah sebesar 18,80 km/jam   pada keadaan terganggu hambatan samping. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat hambatan samping sangat berpengaruh pada kecepatan kendaraan.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-30

How to Cite

Dharma, B. ., Widyawati, R., & Septiana, T. (2022). Analisis Hambatan Samping Terhadap Kinerja Jalan Raden Intan. Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP), 2(2). https://doi.org/10.23960/snip.v2i2.207

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >>