Pengaruh Kendaraan Bermuatan Lebih (Overloading) Terhadap Umur Rencana Jalan

Authors

  • J. Umar

DOI:

https://doi.org/10.23960/snip.v1i1.128

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh beban muatan kendaraan berlebih
terhadap perubahan umur perkerasan lentur dengan melakukan simulasi pada suatu ruas jalan. Dalam
menganalisa dampak atau pengaruh beban berlebih terhadap umur perkerasan jalan pada perkerasan
lentur dilakukan perhitungan untuk mendapatkan tebal perkerasan lentur dari data-data sekunder jalan
yang dikaji dengan umur rencana dan beban lalu lintas rencana (MST ijin) kemudian tebal perkerasan
yang diperoleh dievaluasi kinerjanya dengan kondisi muatan kendaraan melebihi batas MST yang
diijinkan dengan persentase kelebihan beban bervariasi sehingga didapatkan jumlah pengurangan
umur layan jalan tersebut akibat beban berlebih sesuai dengan variasi persentase kelebihan bebannya.
Hasilnya menunjukkan bahwa tipe kendaraan yang paling sensitif dalam menerima beban muatan
berlebih adalah kendaraan Jenis Truk 3 As karena peningkatan total ekivalen kendaraannya paling besar
diantara jenis kendaraan berat yang lain tetapi jika muatannya sama, maka truk 2 As memberikan efek
kerusakan yang lebih besar. Peningkatan total ekivalen kendaraan akibat peningkatan muatan beban
berlebih menyebabkan nilai Indeks Tebal Perkerasan (ITP) struktur yang diperlukan agar jalan tetap
bisa menjalankan fungsinya meningkat secara linear yaitu dalam fungsi y = 0.3168x - 0.0568, R² =
0.9977. Dan peningkatan total ekivalen kendaraan akibat peningkatan muatan beban berlebih
menyebabkan umur rencana jalan mengalami penurunan signifikan, yaitu dalam fungsi polinomial
y = -0.0114x3
+ 0.3235x2
- 3.7348x + 19.948 dimana R² = 0.9999

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-12

How to Cite

Umar, J. (2021). Pengaruh Kendaraan Bermuatan Lebih (Overloading) Terhadap Umur Rencana Jalan . Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP), 1(1). https://doi.org/10.23960/snip.v1i1.128