Analisis Nilai Ekivalen Mobil Penumpang Kendaraan Berat Pada Jalan Raya Terbanggi Besar Lampung Tengah

Authors

  • Mellia Melliaa

DOI:

https://doi.org/10.23960/snip.v1i1.117

Abstract

Penyelenggaraan Jalan Nasional menjadi demikian strategis bagi Pembangunan
Jalan Nasional sehingga tingkat pelayanan dari jalan harus dijaga pada tingkat yang
tinggi,yaitu pada tingkat Pelayanan B sebagaimana hal ini diamati oleh PerMen
Pu.No.14 tahun 2006 tentang manajemen dan rekayasa lalu lintas.Namun pada
kenyataannya jalan arteri primer dan kolektor primer mengalami distorsi yang sangat
tinggi yang menurunkan tingkat pelayanan yang tidak diharapkan.Meningkatnya
aktivitas perekonomian di wilayah Lampung, khususnya jalan raya Terbanggi Besar
Lampung Tengah, yang merupakan wilayah strategis nasional berimplikasi kepada
tingginya permintaan pergerakan, khususnya yang melalui ruas jalan nasional di
wilayah tersebut.Berdasarkan analisa kinerja jalan raya Terbanggi Besar, Lampung
Tengah mengalami jam puncak pada pukul 6.00-7.00 wib dengan jumlah volume
2770 smp/jam dengan hambatan samping memiliki nilai frekuensi berbobot sebesar
241,8 kejadian. Kapasitas pada ruas adalah 2821 smp/jam. Derajat kejenuhan ruas
jalan raya Terbanggi Besar, Lampung Tengah 0,98. Tingkat pelayanan ruas jalan ini
termasuk tipe E. Nilai Ekivalen mobil penumpang (emp) yang di dapat CMC :0,39,
CLV:1, CMHV :1,856, CLT : 10,240.Bila dibandingkan nilai emp lapangan dengan nilai
emp yang ditetapkan oleh Bina Marga (MKJI) memiliki perbedaan khususnya pada
kendaraan berat. Hal ini cukup menjadi catatan besar untuk PU Bina Marga, bahwa
nilai koefisien yang telah ditetapkan di dalam MKJI perlu dilakukan peninjauan
ulang. Karena nilai emp ini sangat berpengaruh pada suatu perencanaan jalan
maupun kebijakan yang dilakukan oleh para ahli transportasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-12-12

How to Cite

Melliaa, M. (2021). Analisis Nilai Ekivalen Mobil Penumpang Kendaraan Berat Pada Jalan Raya Terbanggi Besar Lampung Tengah. Seminar Nasional Insinyur Profesional (SNIP), 1(1). https://doi.org/10.23960/snip.v1i1.117